Riset: Pengertian, Ruang Lingkup, Tujuan, dan Manfaat bagi Peserta Didik MTs N 1 Pemalang

PENGERTIAN RISET Riset/ Research adalah suatu penyelidikan, pemeriksaan, pencermatan, percobaan yang membutuhkan ketelitian dengan menggunakan metode/ kaidah tertentu untuk memperoleh suatu hasil dengan tujuan tertentu. 1. Pengertian Riset Menurut Hopkins WG (2002) Riset yaitu mengirimkan suatu pertanyaan atau isu serta menjawab suatu pertanyaan atau memecahkan suatu masalah. 2. Pengertian Riset Menurut Burns (1994) Riset yaitu sebuah investigasi sistematik untuk menemukan jawaban dari suatu permasalahan. 3. Pengertian Riset Menurut Kerlinger (1986) Riset adalah sistematik, terkontrol secara empiris dan investigasi kritis terhadap dalil tentang dugaan hubungan antar berbagai macam fenomena. Bidang Riset di Madrasah 1) Keagamaan Penelitian pada bidang keagamaan memungkinkan peneliti mencari tahu tentang hubungan timbal balik antara agama dan masyarakat ataupun mencari tahu tentang agama sebagai gejala sosial. Berbagai masalah sosial keagamaan yang ada dan berkembang di masyarakat sekitar.   2) Sosial Humaniora Penelitian pada bidang sosial humaniora mencakup penelitian sosiologi, hukum, ekonomi, psikologi, politik, sejarah, antropologi, filsafat, dan humaniora dan kebudayaan social yang ada dan berkembang di masyarakat sekitar   3) Sains Penelitian bidang sains meliputi berbagai kajian observasi, eksperimentasi, penyimpulan dengan ruang lingkup makhluk hidup, energi dan perubahannya, dan keilmuan tentang alam lainnya, dengan sub tema: Kimia, Biokimia, Biologi, Mikrobiologi, Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanah, Ilmu Hewan, Obat dan Kesehatan, Ilmu Lingkungan, Manajemen Lingkungan, Ilmu Matematika, dan lainnya yang berkaitan dengan keilmuan eksak yang berkembang di masyara kat sekitar. Secara geografis wilayah Kabupaten Pemalang banyak obyek alam yang dapat menjadi sasaran penelitian, karena memiliki wilayah bagian pegunungan dan kelautan yang terdapat banyak obyek alam yang dapat dijadikan sasaran penelitian 4) Teknologi Penelitian bidang teknologi membahas kajian yang berkaitan dengan merancang dan menghasilkan perangkat-perangkat, struktur- struktur dan proses-proses yang dapat digunakan serta dapat berupa inovasi produk dan pengembangan sistem, dengan subtema: Fisika, Energi dan Transportasi, Teknik Mekanika dan Elektronika, Ilmu Komputer, Informatika, serta Teknik Material dan Bioteknologi.   5) Kebumian dan Kelautan Penelitian kebumian dan kelautan berkaitan kajian, observasi,rekayasa dan menghasilkan rancang bangun maupun perangkat- perangkat di bidang ilmu kebumian dan kelautan, dengan subtema: Geofisika, Astronomi, Cuaca, Klimatologi dan Perubahan Iklim, Geokimia, Petrologi dan Mineralogi, Geologi, Kebencanaan Geologi dan Mitigasi, Kelautan/Oseanografi, Limnologi, Teknik Sumber Daya Geologi, dan Hidrologi.   6) Rekayasa Penelitian di bidang rekayasa teknologi berkaitan dengan pembuatan produk/alat yang memberi kemanfaatan secara langsung. Kategori- kategori di dalam penelitian bidang rekayasa yaitu: a) Manajemen Bencana b) Pangan dan Pertanian g) Teknologi Ramah Lingkungan c) Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan h) Teknologi Informasi dan Komputasi e) Edukasi dan Rekreasi f) Teknologi bagi Penyandang Disabilitas dan Kebutuhan Khusus Tujuan Pembelajaran Riset di MTs N 1 Pemalang Kegiatan pembelajaran riset di MTs Negeri 1 Pemalang bertujuan : 1. Tujuan Umum Secara umum pembelajaran riset di MTs Negeri 1 Pemalang bertujuan untuk mengembangkan sikap ilmiah peserta didik sehingga mampu bersikap dan bertindak berdasarkan proses ilmiah yang tercermin dalam sifat- sifat berpikir kritis, sistematis, rasional, realistis, objektif, jujur, berani, terbuka, toleran, kreatif, dan inovatif. 2. Tujuan Khusus a. Meningkatkan cara berpikir ilmiah peserta didik. b. Meningkatkan pengetahuan tentang prosedur penelitian ilmiah. c. Meningkatkan kepekaan peserta didik terhadap masalah-masalah yang ada di lingkungan sekitar. d. Meningkatkan peran serta peserta didik dalam upaya memecahkan masalah-masalah yang ada di lingkungan sekitar. e. Meningkatkan pengalaman peserta didik dalam melakukan penelitian dari berbagai persoalan yang ada di lingkungan sekitar. Manfaat Pembelajaran Riset di MTs N 1 Pemalang Pembelajaran riset di MTs Negeri 1 Pemalang memiliki manfaat: a) Meningkatnya cara berpikir ilmiah peserta didik. b) Meningkatnya pengetahuan mengenai prosedur penelitian ilmiah. c) Meningkatnya kepekaan peserta didik terhadap masalah-masalah yang ada di lingkungan sekitar. d) Meningkatnya peran serta peserta didik dalam upaya memecahkan masalah-masalah yang ada di lingkungan sekitar. e) Meningkatnya pengalaman peserta didik dalam melakukan penelitian dari berbagai persoalan yang ada di lingkungan sekitar.

Komentar